Latar Belakang
 

Pada tahun 1986 telah didirikan sebuah perusahaan keluarga dengan nama Cahaya Bandung Raya (CBR), beralamat di Jl. Saninten 24, Bandung. Perusahaan ini mulanya bergerak dibidang laundry dan dry cleaning. Pada pertengahan tahun 1987 CBR mulai bekerja sama dengan pihak PJKA (sekarang PT. Kereta Api Indonesia) untuk mengerjakan proyek face cleaning towel, yang kemudian dikembangkan menjadi tissue penyegar untuk penumpang kereta api. CBR mencoba membuat riset dan mendaftarkan produk tersebut pada Departemen Kesehatan. Setelah lulus dari berbagai proses pengujian, akhirnya produk tersebut resmi terdaftar di departemen kesehatan dan digunakan oleh PT. Kereta Api Indonesia hingga akhir tahun 2004 yang lalu.

Seiring dengan bertambah majunya perusahaan maka lokasi produksi dipindahkan ke Jl. Satria Raya I No.10, Bandung. Pada tanggal 25 Januari 1988, CBR membentuk sebuah perusahaan di bidang medical supply yang berbadan hukum dengan nama CV. Metz Indonesia. Perusahaan ini membuat terobosan sebagai yang pertama di Indonesia, dengan mengeluarkan produk bernama Pastik yaitu kapas lembut beralkohol yang digunakan sebelum menyuntik pasien. Rumah sakit pertama yang menggunakan Pastik adalah Rumah Sakit Santo Borromeus Bandung, sedangkan laboratorium pertama yang menggunakan Pastik adalah Laboratorium Prodia.

Pada masa-masa awal produk tersebut beredar, CV. Metz Indonesia bekerjasama dengan PT. Mandiri Aji Tunggal Nugraha sebagai distributor untuk wilayah Jakarta. Tahun 1998 CV. Metz Indonesia kembali mengeluarkan produk terobosan baru di Indonesia, bahkan pertama di dunia, dengan nama Alkafil, yaitu Alkoholik Kasa Hidrofil. Produk ini diciptakan karena sangat praktis digunakan dan juga berguna untuk meningkatkan efisiensi pada Rumah Sakit Bersalin dan Rumah Bersalin.

Untuk mendukung distribusi produk-produk tersebut ke seluruh Indonesia, maka pada tanggal 1 Maret 2001 sampai dengan akhir Juli 2005, CV. Metz Indonesia bekerjasama dengan PT. Merapi Utama Farma, Jakarta. Namun sejak 1 Agustus 2005 lalu, distribusi produk secara nasional telah dilakukan oleh PT. Enseval Putera Megatrading Tbk., sehingga produk-produk dari CV. Metz Indonesia sudah dipergunakan hampir di seluruh Rumah Sakit dan dapat diperoleh di apotik atau chainstore seluruh Indonesia.

 
     
     
     
     
  | main page | latar belakang | keterangan produk | kabar terbaru | retail shop | pemesanan | kontak |