Tips Program Efisiensi
• BAGI RS/RSB/LAB •
 

Kita seringkali tidak menyadari bahwa cara konvensional sering menjadi sumber pemborosan...

Terjadinya kenaikan harga yang cukup drastis di berbagai sektor kehidupan mengakibatkan perubahan-perubahan yang sangat mendasar dalam hidup kita. Biaya hidup menjadi sangat mahal, demikian pula biaya operasional di sektor kesehatan menjadi sangat tinggi, terlebih lagi jika sebuah institusi tidak memiliki sistem pengontrolan yang baik, hal ini akan menambah peliknya problematika finansial yang dihadapi.

Untuk menyiasati kenyataan seperti sekarang ini, hal yang paling tepat dan harus segera dilakukan adalah EFISIENSI.

Efisiensi adalah tindakan/langkah penghematan materi, waktu dan tenaga, sehingga proses kerja menjadi lebih Praktis dan Efektif.


Sudah Efisienkah Institusi Anda?

PEMBOROSAN TERSELUBUNG
Bola kapas dan alkohol, adalah dua alat pembersih steril yang selama ini biasa digunakan di rumah sakit, poliklinik kesehatan dan laboratorium. Hingga saat ini pemakaian bola kapas dan alkohol sebagai alat steril masih dianggap yang paling efisien, karena mudah pembuatannya, murah harganya dan praktis penggunaannya. Benarkah demikian?
Tanpa disadari, sebenarnya penggunaan bola kapas dan alkohol curah sebagai alat pembersih steril dalam penyuntikan/disinfektan adalah tindakan pemborosan yang terselubung, sebab:

  1. Setiap kali kita mengambil kapas/kasa yang direndam dalam alkohol, kita pasti memeras kapas/kasa tersebut supaya tidak terlalu basah. Berapa banyak alkohol yang terbuang sia-sia, untuk setiap butir bola kapas/kasa yang diperas? Jika perasan alkohol dimasukkan lagi ke dalam tempatnya, ada kemungkinan terjadi kontaminasi sehingga tujuan sterilitas tidak tercapai.
  2. Kadar alkohol pasti berkurang, karena botol/tempat penyajian sering dibuka sehingga terjadi penguapan. Alkohol akan Efektif sebagai disinfektan pada kadar 70%. Kurang dari itu, alkohol tidak berfungsi lagi sebagai disinfektan. Jika kita masih menggunakan bola kapas dan alkohol curah sebagai disinfektan dalam melakukan penyuntikan, berapa banyak alkohol terbuang sia-sia (= uang terbuang) dan bagaimana pula kualitas disinfektan yang didapat?

PEMBOROSAN TIDAK TERHITUNG
Lalu, mohon perhatikan dan pertimbangkan beberapa hal yang rutin terjadi dalam pembuatan bola kapas beralkohol konvensional.

  1. Berapa banyak kapas dan alkohol yang diperlukan dalam satu bulan?
  2. Untuk setiap 1 kg kapas, bisa dibuat menjadi berapa bola kapas?
  3. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk membuat bola kapas dari 1 kg kapas? (Apakah tidak lebih baik bila waktu yang sama digunakan untuk sesuatu yang lebih produktif?)
  4. Berapa “upah per bulan” yang terbuang untuk para pekerja/pembuat bola-bola kapas ini?
  5. Berapa liter alkohol yang terbuang sia-sia setiap kali bola kapas diperas? Kalau pun perasannya dimasukkan kembali ke dalam wadah, bagaimana menjamin bahwa kadar alkoholnya masih 70%?
  6. Pemakaian kain kasa kering. Lingkungan di rumah sakit memang relatif lebih steril bila dibandingkan dengan lingkungan rumah tinggal sehingga risiko akan terjadinya infeksi pun kecil. Namun setelah bayi ke luar dari RS/RSB, banyak faktor yang dapat menyebabkan infeksi. Dapatkah kesterilan lingkungan tempat tinggal mereka tetap terjaga?

 

Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati.
Maka kualitas produk menjadi pertimbangan utama dalam penyediaan alat-alat kesehatan.

Angka-angka/jawaban dari pertanyaan tersebut di atas tidak pernah diketahui, karena tidak penah disadari dan tidak pernah terkontrol dengan pasti oleh pihak manajemen.

Jadi, Bagaimana Solusinya?
Pastikan Anda Mendapatkan EFISIENSI Dari
PASTIK, ISOPAS, & ALKAFIL

Pemakaian disinfektan/antiseptik yang diproduksi secara modern menjadi salah satu pilihan untuk mendapatkan Efisiensi. Banyak merek dagang yang dipasarkan (bahkan produk dari luar negeri pun memasuki pasar Indonesia) namun demikian, hanya ada satu yang terdaftar di Depkes RI sebagai Alat Kesehatan Dalam Negeri, yang Terbukti Terbaik Kualitasnya, dan produk ini justru buatan/produksi dalam negeri.
PASTIK & ALKAFIL dipakai sebagai alat pencegahan terhadap infeksi dengan zat aktif Isopropil Alkohol 70%.

Efisiensi Yang Anda Dapatkan:
PASTIK, ISOPAS, & ALKAFIL disajikan dengan tingkat kepraktisan & akurasi yang optimal, bentuk & ukuran kapas lembut, isi & volume alkohol terukur. Berikut adalah contoh Keuntungan Ganda yang Anda dapatkan bila memakai PASTIK:

1. KEUNTUNGAN FINANSIAL
a. Asumsi Harga PASTIK netto/pc = Rp 500,-
b. Diskon 10% = Rp 50,
(a - b) = Rp 450,-
c. Charge ke pasien = Rp 600,-
Profit (c - b),- = Rp 150,- /pc
Dari sisi finansial, dengan menggunakan PASTIK tanpa disadari pihak manajemen mendapatkan keuntungan finansial Rp 150,-/pc (25%)

2. KEUNTUNGAN PELAYANAN
Dengan memakai PASTIK/ALKAFIL, pihak manajemen memiliki lebih banyak waktu untuk melayani pasien. Tidak perlu lagi menyisihkan waktu khusus untuk membuat bola-bola kapas yang memboroskan waktu, biaya dan material.

KEUNGGULAN PASTIK & ALKAFIL

  • PASTIK & ALKAFIL dikemas dalam sachet terbuat dari 100% Alluminium foil yang dilaminating, sehingga tidak mudah bocor dan kedap udara, sehingga stabilitas kadar alkoholnya tetap terjamin 70 %.
  • Produk-produk sejenis disajikan dalam sachet plastik/kertas yang dilapisi metalyze, masih rentan bocor, sehingga kadar alkohol berkurang, sterilitas tidak terjamin dan mudah kering.
  • Terdaftar resmi di Departemen Hukum dan Perundangan RI, Dirjen Hak Atas Kekayaan Intelektual No. 434222 (PASTIK) dan No. 450140 (ALKAFIL) serta Departemen Kesehatan RI, AKD. 20902300223 (PASTIK) dan AKD. 20902300224 (ALKAFIL).

 

Mari kita dukung anjuran Depkes RI untuk selalu memakai produk dalam negeri berkualitas tinggi

PASTIKan... PASTIK/ALKAFIL
PASTI Tersedia di RS/RSB/LAB Anda

 

Jika PENCEGAHAN Dan EFISIENSI BEGITU BERHARGA
Mengapa Tidak Dibudayakan di RS/RSB/Lab Anda
?


TIPS PROGRAM EFISIENSI
BAGI RS/RSB/LAB
Dipersembahkan Oleh:
C.V. Metz Indonesia
(022) 540-6055

metz@ metzindonesia.com

Didukung Oleh Distributor:
PT ENSEVAL PUTERA MEGATRADING Tbk.
IMPORTERS, EXPORTERS, TRADING & DISTRIBUTION SERVICE
(021) 4682-2422

http://www.enseval.com/