Kenali Jenis Vaksin Covid-19 di Indonesia

Bagikan Di
news-image
28 September 2022

Covid-19 pertama kali ditemukan di kota Wuhan tepatnya di Cina, pada tanggal 31 Desember tahun 2019. Dalam waktu yang tidak lama, virus tersebut telah menyebar ke berbagai belahan negara di dunia yang menyebabkan timbulnya penyakit coronavirus disease, atau yang disebut juga dengan COVID-19. WHO (World Health Organization) akhirnya menetapkan COVID-19 sebagai pandemi pada tanggal 11 Maret 2020 yang lalu.

Karena virus tersebut sangat meresahkan, maka hampir seluruh negara menerapkan Lock Down yang mengharuskan tutup wilayah, tidak boleh berkerumun bahkan diadakannya jam malam agar memperkecil tertularnya virus tersebut.

Young asian lady nurse giving covid-19 or flu antivirus vaccine shot to senior male patient

Kini telah ditemukan vaksin untuk Covid 19, yang merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam penyebaran dan daya tahan kekebalan tubuh untuk virus covid 19. Vaksinasi telah mencegah terjadinya lebih dari 30 jenis penyakit infeksi dan mengurangi 2-3 juta kematian setiap tahun di seluruh dunia. Saat ini dunia juga sedang mempercepat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 kepada anak-anak dan dewasa untuk mengontrol pandemi yang sudah berlangsung lebih dari 1 tahun ini.

Pemerintah Indonesia sendiri telah menetapkan 6 jenis vaksin covid 19 di Indonesia. Berikut jenis-jenis vaksin yang  digunakan di Indonesia :

  • Bio Farma 

Bio farma merupakan vaksin yang diproduksi dalam negeri, Indonesia bekerja sama dengan sinovac Biotech Ltd dan mengembangkan vaksin Merah putih buatan Indonesia.

  • Sinovac

Sinovac merupakan vaksin pertama yang di produksi oleh negri China, dan hampir rata-rata masyarakat menggunakan vaksin jenis ini.

  • AstraZeneca

Vaksin AstraZeneca telah diUji coba oleh Universitas Oxford dan menunjukkan vaksin virus corona produksinya memiliki keefektifan rata-rata 70 persen.

  • Sinopharm

Sinopharm merupakan vaksin yang terbuat dari virus penyebab Covid-19 yang sudah dilemahkan atau dibuat tidak aktif, sehingga tidak akan memicu infeksi, tapi tetap bisa memicu respons dari sistem kekebalan tubuh. 

  • Moderna

Vaksin yang diproduksi Moderna ini diklaim memiliki efektivitas sebesar 94,5 persen. 

  • Pfizer

Vaksin Pfizer merupakan vaksin diproduksinya oleh BPOM AS dan Eropa.  Bahkan, dari hasil uji coba vaksin tersebut sangat efektif sampai dengan 95 persen. 

Pemerintah pun semakin gencar untuk mengadakan program vaksinasi-vaksinasi di berbagai daerah. Salah satunya, pada tanggal 26 januari 2022, Program vaksinasi yang diselenggarakan oleh pihak PT Meprofarm beserta Puskesmas yang berada di sekitar Bandung, dimana Metz indonesia juga ikut turut serta dan berkontribusi dalam acara tersebut.

news-image

Dan untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 ini, ingat selalu untuk menjaga kebersihan, kesehatan dan jangan lupa untuk selalu menggunakan masker jika melakukan aktivitas di luar ruangan.

Hubungi Kami